Notification texts go here Contact Us Buy Now!

3 Tahun Covid Negara Ini Tetap Nol Kasus, Apa Rahasianya?

Author

 


Pandemi Covid-19 kini berumur tiga tahun. Sejak menginfeksi Wuhan, China, akhir tahun 2019, Covid-19 sudah menginfeksi ratusan negara dan wilayah. Mengutip data Worldometers, Jumat (18/2/2022), kasus Covid-19 dunia telah melampaui lebih dari 419 juta dengan lebih dari 5,8 juta kematian. Tapi 343 juta orang berhasil sembuh. Meski demikian, beberapa negara dan wilayah tetap melaporkan nol kasus Covid-19. Beberapa pihak percaya sulitnya akses dan terisolasinya wilayah menjadi penyebab.

Namun ada pula ahli yang menyebut, jika kasus mungkin tak terdeteksi. Beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) juga memberikan peringatan soal ini.

Berikut rangkumannya dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber: 

1.Tuvalu

Tuvalu tak mencatat kasus Covid-19 sama sekali. Dalam pencarian Worldometers, nama negara di Oseania itu juga tak ada.

Tuvalu sendiri terletak antara Hawaii dan Australia. Anggota persemakmuran Inggris ini terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol, dengan luas gabungan sekitar 10 mil persegi dan populasi lebih dari 10.000. Tuvalu memang telah menutup perbatasannya seiring mewabahnya Covid-19 di dunia. Karantina menjadi wajib dalam beberapa kasus.

2.Turkmenistan

Percaya atau tidak, Turkmenistan masih tak mencatat kasus Covid-19 saat ini. Ini memang menimbulkan pertanyaan mengingat lokasinya yang berada di Asia Tengah, di mana hampir semua negara tetangganya melaporkan infeksi.

Dalam situs pendataan Covid-19, bukan hanya Worldometers tapi kasus juga tak tercatat di John Hopkins University. Akhir 2021 lalu, WHO bahkan ragu dengan kenyataan ini.

Meskipun tak mengakui adanya kasus, menurut laporan The Associated Press, pembatasan sudah dilakukan negara ini. Pejabatnya telah membatasi semua perjalanan komersial, acara keagamaan massal dan mendorong jarak sosial dan pemakaian masker.

3.Tokelau

Tokelau adalah wilayah yang bergantung ke Selandia Baru. Meskipun mengaku sebagai negara, pemerintahannya berada di Negeri Kiwi.

Tokelau terdiri dari tiga atol karang tropis di Samudra Pasifik Selatan. Ketiga atol tersebut memiliki luas daratan gabungan 4 mil persegi dan ibu kotanya berputar setiap tahun di antara ketiga atol tersebut.

Hingga kini belum ada kasus corona yang dilaporkan. Hal ini mungkin karena sulitnya akses ke wilayah itu.

Tokelau yang memiliki 1.500 penduduk tak memiliki bandara. Wilayahnya hanya dapat diakses dengan kapal.

4.Saint Helena

Saint Helena adalah sebuah wilayah Inggris di Samudra Atlantik Selatan. Saint Helena dianggap sebagai salah satu tempat paling terpencil di dunia karena terletak lebih dari 1.200 mil dari pantai barat Afrika barat daya dan 2.500 mil timur Rio de Janeiro di garis pantai Amerika Selatan.

Hingga kini belum ada kasus corona yang dilaporkan oleh wilayah Saint Helena. Populasi Sanit Helena sendiri diyakini hanya 4.500 orang.

5.Pitcairn Islands (Kepulauan Pitcairn)

Kepulauan Pitcairn adalah negara di Samudra Pasifik. Bagian persemakmuran Inggris ini memiliki terdiri dari empat pulau utama, yakni Pitcairn, Henderson, Ducie dan Oeno.

Di 2011, diyakini populasinya hanya 60 orang saja. Meskipun tidak ada kasus Covid-19 yang dilaporkan, pemerintah AS telah memperingatkan risiko tinggi tertular penyakit menular di pulau-pulau itu.

6.Korea Utara (Korut)

Korut mengklaim tak ada kasus Covid-19. Meski berbatasan dengan China dan Korea Selatan (Korsel), negeri Kim Jong Un, melaporkan nol kasus Covid-19.

Korut sendiri telah menerapkan aturan penguncian yang ketat di negaranya. pembatasan perjalanan dan menutup perbatasan masih berlaku hingga kini.

7.Niue

Terletak sekitar 1.500 mil timur laut Selandia Baru di mana ia terkait secara politik, negara kepulauan Niue adalah salah satu pulau karang terbesar di dunia. Negara ini telah menerima dukungan dari Selandia Baru untuk membantu memerangi Covid-19 dan masih belum mencatatkan kasus infeksi.

8.Nauru

Bertetangga dengan Kiribati, Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran. Di mana pulau tunggal ini memiliki luas 8 mil persegi, dengan 10.000 penduduk.

Negara itu dilaporkan telah mencegah virus corona melalui pembatasan perjalanan serupa ke negara-negara pulau tetangga mereka. Sehingga hingga kini Nauru belum mencatatkan kasus infeksi terkait Covid-19.

Getting Info...

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.